PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA

    PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA

        Flora sering diartikan sebagai dunia tumbuh-tumbuhan. Arti flora adalah semua tumbuh-tumbuhan yang hidup di suatu daerah pada zaman tertentu. Keanekaragaman flora Indonesia tergolong tinggi jumlahnya di dunia, jauh lebih tinggi dari flora yang ada di Amerika dan Afrika. Demikian pula jika dibandingkan dengan daerah-daerah yang beriklim sedang dan dingin. 
             Fauna sering juga diartikan dunia hewan. Arti fauna adalah semua hewan yang hidup di suatu daerah atau pada zaman tertentu, sedangkan uraian fauna Indonesia terbatas pada zaman sekarang ini. Uraian fauna lebih ditekankan pada hewan liar, sedangkan hewan yang dibudidayakan akan diuraikan pada peternakan. Jenis-jenis dan persebaran hewan yang ada di Indonesia mempunyai kaitan dengan sejarah terbentuknya kepulauan Indonesia. Indonesia bagian barat, yang meliputi Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya pernah menjadi satu dengan Benua Asia. Indonesia bagian timur, Papua, dan pulau-pulau di sekitarnya pernah menjadi satu dengan Benua Australia. Indonesia bagian tengah, Pulau Sulawesi bersama pulau di sekitarnya, Kepulauan Nusa Tenggara dan Kepulauan Maluku, merupakan wilayah yang tidak termasuk Benua Asia maupun Australia.

Persebaran flora dan fauna di Indonesia bagian Barat
Flora dibagian barat ini terdiri dari hutan hujan tropis. Mengapa demikian? Karena di bagian barat ini curah hujannya tinggi. Berbeda dengan di bagian tengah yang curah hujannya lebih sedikit. Flora di paparan sunda terbagi menjadi tiga macam yaitu flora endemik seperti bunga bangkai atau raflesia arnoldi yang hanya terdapat di wilayah Bengkulu, jambi, dan sumatera selatan serta bunga anggrek tien Suharto yang hanya ada di wilayah sumatera utara. Selanjutnya flora khas paparan sunda adalah pada bagian pantai timur di dominasi hutan mangrove dan rawa gambut

  • Berikut ini ciri-ciri persebaran flora di indonesia bagian barat:
1. Memiliki kawasan mangrove atau hutan bakau yang banyak di sekitar pantai.
2. Jenis tumbuhannya sangat beragam atau heterogen.
3. Disetiap tahunnya hutan selalu hijau.
4. Kayu di dalam hutannya memiliki kaya manfaat seperti kayu jati, kayu mahoni, dan jenis kayu lainnya yang teksturnya sangat keras dan baik untuk bangunan gedung maupun rumah.
5. Tumbuhan di hutan banyak yang memiliki ketinggian 60 meter.

Contoh flora di Indonesia bagian barat, salah satunya adalah Rafflesia Arnoldi
  • RAFFLESIA ARNOLDI




Bunga Rafflesia Arnoldi merupakan bunga yang tumbuh di jaringan merambat dan tidak memiliki daun oleh karena itu bunga ini tidak mampu untuk berfotosintesis. Rafflesia Arnoldi pertama kali ditemukan pada tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu (Sumatera) di dekat Sungai Manna, Lubuk tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan. Hal tersebutlah yang menjadi alasan bahwa Bengkulu dijuluki sebagai The Land of Rafflessia.Bunga Rafflesia atau bunga bangkai memiliki bau tidak enak sehingga dikatakan bunga bangkai. Bunga Rafflesia atau bunga bangkai tidak memiliki batang, bunga ini hanya tumbuh langsung menjadi bunga. Bunga Rafflesia atau bunga bangkai memiliki ukuran besar dibandingkan dengan bunga-bunga lainnya dan dapat dikatakan bunga ini merupakan bunga terbesar di dunia. Diameter bunga ini bisa mencapai kurang lebih 100 cm dan beratnya bisa mencapai 10 kg. Bunga Rafflesia atau bunga bangkai termasuk salah satu bunga parasite. Bunga Rafflesia atau bunga bangkai merupakan bunga pemakan daging seperti daging hewan-hewan yang menghinggap di bunga tersebut.

Sedangkan untuk fauna dibagian barat ini meliputi pulau Sumatra, Kalimantan, Bali, dan Jawa. Fauna jenis mamalia yang ada di bagian barat yaitu pulau Sumatra, meliputi macan tutul, gajah, harimau sumatra, ular piton, tapir, badak bercula dua, burung murai batu, kambing hutan di Sinabung, babi hutan.
  • MACAN TUTUL



Macan Tutul atau dikenal Macan Jawa merupakan satu-satunya jenis kucing besar yang masih tersisa di Pulau Jawa. Di Jawa Barat terdapat dua jenis kucing besar, yaitu Harimau Jawa dan Macan Tutul. Namun keberadaan Harimau Jawa sampai saat ini belum banyak diketahui, bahkan sebagian ilmuan telang menganggapnya punah. Sedangkan Macan Tutul dengan semua tekanan yang ada sampai saat ini masih dapat bertahan hidup.

Persebaran flora dan fauna di Indonesia bagian Timur

Wilayah flora bagian timur mencakup pulau Maluku dan Papua. Ciri-ciri flora bagian timur adalah:
1. Memiliki kemiripan dengan flora benua Australia.
2. Ketinggian pohonnya lebih rendah daripada flora bagian barat.
3. Banyak tanaman semak belukar.
4. Pepohonannya masih jarang

Contoh flora di Indonesia bagian timur, salah satunya adalah Pohon Cendana

  • POHON CENDANA


          Cendana, atau cendana wangi, merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka). Kayu yang baik bisa menyimpan aromanya selama berabad-abad. Konon di Sri Lanka kayu ini digunakan untuk membalsam jenazah putri-putri raja sejak abad ke-9. Di Indonesia, kayu ini banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur, khususnya di Pulau Timor, meskipun sekarang ditemukan pula di Pulau Jawa dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya.
          Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya, karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan

Sedangkan persebaran faunanya, salah satunya yaitu burung Cendrawasih
  • BURUNG CENDRAWASIH

           Burung-burung cendrawasih adalah anggota famili paradisaeidae dari ordo passeriformes. habitat asli cendrawasih bisa dijumpai di indonesia bagian timur, pulau-pulau selat torres, papua nugini, dan juga australia timur. Burung anggota dari keluarga ini dikenal di karenakan bulu burung jantan memiliki banyak macamnya, terlebih bulu yang amat memanjang dan juga rumit yang tumbuh dari paruh, sayap hingga kepalanya.
           Burung cendrawasih yang sangat populer yaitu anggota genus paradisaea, terhitung spesies tipenya, cendrawasih kuning-besar, paradisaea apoda. type ini digambarkan dari spesimen yang dibawa ke benua eropa dari ekpedisi dagang. spesimen ini disediakan oleh pedagang pribumi membuang sayap dan kakinya supaya bisa jadikan hiasan. hal ini tak di ketahui oleh beberapa penjelajah dan menyebabkan keyakinan bahwasanya burung ini tak dulu mendarat tetapi terus ada di hawa di karenakan bulu-bulunya. inilah asal mula nama bird of paradise ( burung surga oleh orang inggris ) dan nama type apoda – yang artinya tidak berkaki.

Persebaran flora dan fauna di Indonesia bagian tengah 

Flora bagian tengah meliputi pulau Sulawesi dan kepulauan Nusa Tenggara. Dibagian tengah ini jenis hutannya seragam atau hutan homogen yang artinya didominasi oleh satu jenis tumbuhan. Seperti kita ketahui di wilayah Nusa Tenggara banyak ditumbuhu oleh sabana dan stepa. Kalau di wilayah bagian tengah seperti Nusa Tenggara memiliki curah hujannya sedikit. Sehingga kalau pada musim kemarau kita sering menjumpai di daerah sana banyak mengalami kekeringan. Selain itu masih banyak pegunungan kapur.
Jenis tumbuhan yang ada di hutan flora bagian tengah adalah pinus, cemara, dan palma.
  •  EBONI


          Kayu Eboni adalah jenis kayu yang dihasilkan oleh pohon dari spesies Diospyros celebica. Di Indonesia hanya ditemui tumbuh tersebar secara alami di Pulau Sulawesi yang masuk ke dalam wilayah Wallacea. Pohon eboni mudah dikenal karena kulit luar yang beralur mengelupas dan berwarna hitam seperti arang. Mempunyai tinggi yang dapat mencapai 40 meter, dengan batang bebas cabang 23 m, diameter 117 cm dan berakar banir 4 m. Kayu eboni merupakan jenis kayu mewah karena coraknya yang indah dan tergolong kuat dan indah. Kayu terasnya yang berwarna hitam dengan garis serat kemerah-merahan sampai kecoklatan penyebab kayu ini banyak diminati orang dari dalam maupun luar negeri. Usaha melindungi dan melestarikan kembali jenis eboni dari keterbatasannya di alam yang merupakan usaha-usaha konservasi in-situ, banyak mengalami kegagalan. Seringkali dijumpai pada areal bekas tebangan yang telah ditanami anakan eboni ditinggal pergi tanpa hasil



Sedangkan persebaran fauna di Indonesia bagian tengah, salah satunya ialah 
  • ANOA


           Anoa adalah binatang langka yang dapat ditemukan di Sulawesi, Indonesia. Mengenai ciri khusus Anoa, terdapat dua jenis anoa yaitu Anoa Dataran Rendah dan Anoa Pegunungan. Lingkungan hidup anoa merupakan hutan belantara Sulawesi yang masih jarang dikunjungi oleh manusia. diperkirakan perkembangan Anoa mulai punah semenjak berpuluh-puluh tahun yang lalu. 
Beberapa ciri Anoa adalah sebagai berikut :
1.Bentuk Anoa menyerupai kerbau dengan ukuran lebih kecil seperti kambing
2.Kulit berwarna kelabu kehitaman
3.Tanduk meruncing lurus kebelakang
4.Bentuk wajah menyerupai kambing
5.Bulu-bulu halus kecoklatan

Comments

Popular Posts